Sunday, January 8, 2023

Opening KBMN PGRI 28 Memacu Semangat Menulis

 

Mengikuti KBMN 28 ini, berarti berkomitmen untuk selalu menulis. Untuk urusan menulis, sebenarnya sudah beberapa kali,kami mengikuti pelatihan menulis. Cita- cita sih ingin punya buku solo di sisa umur ini. Semoga Allah masih memberiku kesempatan untuk mewujudkan impianku untuk punya buku best seller. Aamiin.

Menjaga komitmen di KBMN PGRI 28 ini dimulai dengan mengikuti opening KBMN yang diselenggarakan hari sabtu, 7 Januari 2023 jam 19.00 WIB. Meski sebenarnya aku masih dalam perjalanan keluar kota. Aku tetap berusaha mengikuti zoom, dan berniat membuat resumenya. Tidak apa- apa jika aku terlambat membuat resumenya, yang penting aku sudah berusaha menulis.

Alhamdulillah kami bisa menyimak pembukaan serta sambutan dari beberapa pemateri yang sangat memacu semangat untuk menulis. Semoga, aku bisa mewujudkan mimpiku untuk membuat buku best seller. Aamiin.

Kegiatan Opening KBMN PGRI 28, hari Sabtu 7 Januari 2023, dimulai jam 19.00,berawal dari pembukaan oleh bapak catur Nurrohman Oktavian, M.Pd (Ketua Asosiasi Penulis Guru dan bendahara PGRI)

Dalam sambutannya, pak Catur menyatakan bahwa, "Menulis adalah upaya perjuangan untuk mengubah profesi kita sebagai guru agar menjadi profesi yang bermartabat, mulia, dan sejahtera. Menulis adalah untuk kebermanfaatan. Menulislah untuk berbagi manfaat. Jika guru-gurunya nya melek literasi, maka akan tertular kepada murid-muridnya. "

Selanjutnya adalah sambutan dari founder KBMN, Dr. Wijaya Kusumah,M.Pd. Dalam sambutannya, beliau memberikan quote nya, " Menulis adalah kegiatan semua orang, namun tidak semua orang bisa menulis".


"Menulis juga menyembuhkan orang yang sakit, jika seseorang tersebut punya kekuatan untuk menulis". Pernyataan tersebut Omjay (panggilan beken beliau) nyatakan karena saat memberikan sambutan, beliau sebenarnya sedang kurang sehat. Namun beliau baru saja menyelesaikan kata sambutan untuk buku solo alumni KBMN 27, dan beliau merasa sehat yang kemudian dilanjutkan mengisi acara Opening KBMN PGRI 28.

Sambutan yang ketiga adalah dari ibu Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd, yang biasa di sapa dengan ibu kanjeng. Beliau menyampaikan sambutannya di sela-sela beliau sedang ada acara keluarga di sebuah kafe, sehingga beliau tidak bisa menyampaikan banyak hal. Namun beliau menyemangati agar kami bersinergi dan berkolaborasi serta mengingatkan agar memiliki niat yang lurus. Dan setiap orang memiliki potensi untuk menjadi penulis yang handal.

Berikutnya adalah sambutan dari, Bpk. Raimundus Brian Prasetyawan, yang biasa dipanggil mas Brian. Beliau menyampaikan secara teknis tentang peraturan, ketentuan, dan cara-cara pengumpulan resume yang ada di KBMN 28 dan beliau sampaikan dalam bentuk ppt. Materinya sangat jelas dan komplit, tinggal eksyen saja peserta KBMN 28.

Syarat kelulusan pelatihan:
 1. Mengumpulkan 30 resume
 2. Menerbitkan satu buku solo

Jadwal pemberian materi seminggu 3 kali yaitu hari: senin, Rabu, dan Jumat setiap jam 19.00- 21.00 WIB melalui grup WA.  Materi akan disampaikan sebanyak 30 kali, jadi kira- kira waktunya 2,5 bulan.

Format pengumpulan resume

Aktivitas harian

Berikut ini adalah video pembukaan KBMN PGRI 28



Demikianlah resume yang bisa kami sampaikan, dan tentunya masih banyak kekurangan. Sebenarnya ada banyak sekali kisah-kisah penulis yang menginspirasi yang disampaikan para pemateri, semuanya sangat memacu semangat menulis kami. Namun kami tidak dapat menyampaikan secara lengkap dalam resume kami. Mudah- mudahan resume ini bisa bermanfaat untuk banyak orang terutama untuk kami pribadi. terimakasih kami ucapkan untuk Omjay dan tim solidnya, Jazakumullah ahsanal jaza'. Aamiin.

4 comments: