Friday, January 20, 2023

Blog, Media Guru Milenial

Judul: Blog, Media Guru Milenial

Resume Ke: 5

Gelombang: 28

Hari/ Tanggal: 18 Januari 2023

Tema: Blog Sebagai Media Pembelajaran 

Narasumber: Dail Ma'ruf,M.Pd.

Moderator: Purbaniasita,S.Pd.

Materi KBMN PGRI 28 malam ini sangat menarik sekali yaitu Blog Sebagai Media Pembelajaran. Narasumber kali ini adalah Ustadz Dail Ma'ruf,M.Pd. yang dimoderatori oleh ibu Purbaniasita,S.Pd.

Dari KBMN saya banyak belajar dan termotivasi dari para narasumber dan moderatornya. Beliau semua merupakan contoh lulusan KBMN yang sukses berkat gemblengan Tim Solid Omjay. 

Ust Dail yang sukses dengan menulis 50 buku dalam setahun, beliau merupakan alumni KBMN 20, sedangkan sang moderator Bu Sita adalah alumni KBMN 26, dan pernah tidak lulus di KBMN 24. 

Banyak para alumni KBMN yang sudah sukses, ternyata pernah mengalami kegagalan sebelumnya. Akan tetapi dengan semangat yang membara, tanpa kenal lelah mengikuti gelombang berikutnya dan akhirnya lulus. Saya berharap bisa lulus dengan tanpa mengulang kelas. Aamiin.

Berbicara tentang blog, sebenarnya saya sudah mulai sejak tahun 2016. Yaitu semenjak hamil anak ketiga, kebetulan resign dari pekerjaan yang agak berat. Saya merasa kesibukan berkurang, sehingga keinginan menulispun mulai muncul. 

Saya termotivasi untuk menulis di blog, karena saya banyak sekali mendapat manfaat, dengan membaca pengalaman orang lain yang mereka share di media elektronik. 

Akhirnya saya berpikir, kenapa aku tidak melakukan hal yang sama? Yaitu menulis pengalaman di Blog. Dan suatu saat, pasti bisa dibaca juga oleh anak keturunanku nanti.

Namun, menulis di blog butuh komitmen yang kuat, dan saya sangat lemah dalam Istiqomah/ konsisten menulis di blog. Walhasil, tulisan di blog semakin kemari semakin berkurang, bahkan vakum sekian tahun lamanya. 

Hingga ketemulah dengan KBMN PGRI 28, yang memaksa saya untuk menulis kembali di blog. Ini adalah blog ketiga saya, yang khusus dipakai untuk KBMN. Mudah-mudahan bisa terus semangat dan istiqomah dalam menulis. Aamiin.

Di awal pertemuan ust Damar alias Dail Ma'ruf bercerita bahwa  1,5 tahun yang lalu di KBMN 20, beliau belum punya Blog. Tapi bermodal semangat ingin ikut KBMN selama 2,5 bulan atau 30 materi, beliau langsung japri Om Jay, pendiri KBMN, minta arahan bagaimana cara buat Blog.

Nasihat ust Damar: "Jangan minder apalagi putus asa, dengan tekad dan niat belajar, dibarengi ketahan bantingan, insya Allah akan hasil maksud, yaitu bisa punya buku. Aamiin.

Dalam pemaparannya, Ust Damar menjelaskan hal-hal yang sering ditanyakan mengenai blog yaitu: Apa sih blog itu? Kegunaannya untuk apa? Apakah bisa blog digunakan sebagai media pembelajaran?

Blog sama halnya dengan medsos lainnya seperti FB, IG, Email , Tiktok, dan You Tube. Dan bisa kita gunakan untuk hal positif dan manfaat, diantaranya bagi guru, bisa dijadikan media pembelajaran yang efektif

Kata “blog” berasal dari kata weblog yang diperkenalkan pertama kali pada 1998 oleh Jhon Barger. Blog adalah website yang bersifat personal, yang memuat opini personal dan hal-hal lain untuk mengaktualisasikan diri dan mengabarkannya pada komunitas global

Menjadi blogger pun bisa menjadi kaya. Hal ini terbukti pada para blogger yang sukses mendapatkan pundi-pundi dari banyaknya pembaca blog mereka. Bahkan penghasilan blogger bisa mencapai 21 juta. Berikut ini 5 blogger terkenal di Indonesia:

5 blogger terkenal di Indonesia

Jika ust Dail yang membuat rangking, maka beliau akan menempatkan Om Jay di urutan pertama dan Pak Dedi Dwitagama di urutan kedua. He..he..

Ust Dail pun berharap semoga salah satu dari 1.000 peserta kelak akan ada yang seperti Herman Yudiona dan Raditya Dika. Aamiin

Berikutnya, ust Dail menampilkan 10 buku yang dikuratori selama tahun 2022:

10 buku yang dikuratori Ust. Dail

Beliau menyemangati supaya peserta KBMN 28 yakin bahwa dengan menjadi Bloger, maka impian kita untuk punya banyak buku bisa jadi Nyata

Buku Ust Dail dari menulis di blog

Beberapa jenis blog:

1. Blog Pendidikan

2 . Sastra 

3. Pribadi

4. blog bertopik  misalnya khusus kuliner, atau Wisata

 5. Blog Kesehatan saja misal yang di buat ahli Medis, Hallo dok, dll

6. Blog politik , ini banyak jelang 2024 dan tujuannya ya mengiklankan dirinya atau jagoannya ke Publik supaya dapat dukungan atau suara

7. Blog Perjalanan

8. Blog Riset , biasanya dimiliki pihak kampus atau lembaga penelitian lainnya

9. Blog Hukum di buat para ahli hukum, Pengacara jaksa dan Hakim atau Polisi

10. Blog Media artinya Blog berita. Memberitakan apa saja yang diliput wartawannya

11. Blog Agama : berisi masalah agama dan solusi dari penulis atau tokoh agama, bsa juga buka rubrik tanya jawab

12. Blog Bisnis, apapun bisnis kita maka diupoload di Blog detilnya, lalu link di kirim ke orang yang kita harapkan akan berminat .

Adapun blog ust Dail sendiri berkategori blog gado-gado, karena isinya tidak mengkhususkan konten tertentu.

Dalam pemaparannya, Ust Dail menyampaikan, minimal ada 5 manfaat dari Blog :

1. Blog sebagai rumah belajar dan berbagi guru. Artinya, kreativitas dan kegemaran guru dapat disalurkan melalui blog, seperi kreativitas dalam menulis, maupun karya-karya lainnya.

2.Bisa meringankan beban bagi guru: blog bisa berisikan materi pelajaran, tugas yang bisa di akses oleh siswa

3. Bisa jadi media meningkatkan minat belajar murid. Hal ini terbukti dari salah satu guru di Magelang,  pak Sartono, meneliti di SMAN 2 Magelang membuktikan bahwa ada peningkatan nilai yang signifikan dari 55 ke 87 antara sebelum dan sesudah menggunakan Blog sebagai Media pembelajaran

Hasil penelitian di SMAN 2 Magelang

4.Bisa berteman dengan semua manusia dimana saja, dan 

5.Sebagai media silaturahmi seperti kompasiana. pembacanya ada di semua benua

Inspirator Blog sebagai media pembelajaran diantaranya adalah 

Guru besar kita Om jay yang membuat disertasi doktor yang berjudul: Peran Blog kolaborasi dalam meningkatkan prestasi belajar murid.

Materi Mayor Nani, guru Ust Dail yang cukup menginspirasi, berikut ini tautannya: 

 https://nani2teacher1navy.wordpress.com/2021/09/18/blog-sebagai-sarana-pembelajaran-2/

Contoh blog yang berisi materi pelajaran: 

https://dailalser.blogspot.com/2021/09/perkembangbikan-generatif-pada-tumbuhan.html

Sesi tanya jawab:

1.Lesterina Purba -Bekasi

Menulis di blog apakah harus banyak jumlah katanya?

Apakah harus menulis setiap hari baru bisa menghasilkan uang?

Menulis di Blog tak ada batasan kata. Bebas saja .  satu kalimat pun boleh .

Kalau mau mahir nulis dan banyak keajaiban, harus berusaha jalankan mantra sakti om jay. Hasilkan uang? bisa itu Om jay tiap bulan dari kompasiana dapat minmal 600 kadang 1 juta

2.Sugiharto_MAN 1 Brebes _

Saya sudah meliliki blog, tapi masih bingung, bagaimana cara menulis di blog agar menarik dan disukai peserta didik?

Kalau mau Blognya diminati anak murid, maka buat konten yang mereka butuhkan. Misalnya jelang materi yang akan bapak sampaikan pekan depan, maka buat judul : Kiat dapat nilai 100 materi Bab 2 pelajaran kita.

Bilang di pesan akhir :  Murid yang buka baca dan komentar akan dapat tambahan nilai

3. Yuni A_Bekasi

Baiknya kita fokus pada satu  genre blog sesuai passion atau kita coba berbagai genre blog?

Apa tips agar tulisan di blog banyak peminat dan bisa seperti para blogger terkenal?

Kalau mau Fokus ke satu Topik lebih bagus, nanti tiap orang cari topik yang ibu dalami akan masuk. Lebih ok yang sesuai passion kita,akan ringan dan membahagiakan

Tips blog sukses:

1. Rajin berkunjung dan komen ke blog orang.

2. Rajin kirim link tulisan

3. Harus luruskan niat bahwa posting utk berbagi ilmu dan kemanfaatan

Untuk bisa membuat dan merawat Blog agar cantik mempesona,kepoin Blog terbaik di Indonesia. Lakukan ATM: Amat, Tiru dan Modifikasi.

Sebenarnya ada banyak sekali pertanyaan yang disampaikan. Peserta KBMN PGRI 28 sungguh luar biasa antusiasme nya, sampai narasumber dan moderatornya kewalahan kebanjiran pertanyaan.

Waktu yang terbatas tidak menutup kesempatan para peserta untuk bertanya, karena ust Dail mempersilahkan yang ingin bertanya untuk japri melalui WA dan akan dijawab melalui blog beliau. MasyaAllah...

Terimakasih Ust Dail dan Bu Sita, mudah-mudahan saya bisa mempraktekkan dan bisa ketularan sukses. Aamiin.

Sampai pada kata penutup, beliau menyatakan hebohnya KBMN 28 yang pesertanya bukan hanya paling banyak ada 1.000 tapi semangatnya Joss banget. Tiap materi ada lebih dari 200 yang mengirim resumenya.

Semoga semuanya sehat dan bahagia bersama keluarga tercinta. Aamiin 


No comments:

Post a Comment