Tuesday, January 10, 2023

Om Jay Guru Menulis Inspiratif yang Sangat Menular

 Judul: Om Jay Guru menulis Inspiratif yang sangat menular

Resume Ke: 1 (satu)

Gelombang: 28

Hari/ Tanggal: 9 Januari 2023

Tema: Menulis setiap hari

Narasumber: Dr. Wijaya Kusumah,M.Pd

Moderator: Dail Ma'ruf,M.Pd

Hari Senin, 9 Januari jam 19.00 WIB, tampaknya memang menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh para peserta KBMN PGRI 28. 

Saya yakin sekali, karena setelah materi perdana yang disampaikan oleh founder KBMN Om Jay dan di moderatori oleh Bapak Dail Ma'aruf di tutup, pada jam 21.10 WIB. Begitu Admin grup membuka chat, langsung muncul kiriman hasil resume dari peserta di waktu yang sama. 

Pak Edmu, pengirim pertama resume
Pak Edmu, pengirim pertama resume

Selisih 1 menit kemudian, yaitu jam 21.11 WIB, muncul lagi kiriman dari peserta berikutnya. 

Dan dalam waktu 6 menit, sudah masuk 4 resume dalam list pengumpulan resume. Sampai-sampai ada yang mengistilahkan balapan mengumpulkan resume dengan istilah:  "Sirkuit Mandalika KBMN PGRI 28".

Sirkuit Mandalika KBMN PGRI 28

MasyaAllah luar biasa, pemateri kita Omjay, beliau betul-betul guru menulis yang sangat menular dalam hal produktivitas menulis.

Di awal pertemuan materi pertama ini, pak Dail menyapa Om Jay, serta menanyakan tanggapan beliau tentang banyaknya peserta KBMN PGRI 28 yang mencapai 1000 lebih. Om Jay pun mengawali dengan do'a yang luar biasa:

"Semoga semuanya bisa menerbitkan buku solo. Akan ada 1000 guru punya buku sendiri". Aamiin ya Allah, mudah-mudahan Allah kabulkan.

Selanjutnya Om Jay memperkenalkan diri dengan mengirimkan link blog yang berisi CV  beliau, dan tak heran lagi bahwa prestasi beliau sangat luar biasa.

Dari CV yang dikirim, beliau merupakan lulusan IKIP Jakarta jurusan teknik elektro , dan sangat aktif dalam berorganisasi. Diantara nya ketua umum HMJ teknik elektro,ketua HMI, ketua LP2TK IKIP Jakarta, dan masih banyak lagi. 

Kemudian, karir beliau dari tahun 1992 hingga saat ini adalah guru TIK di SMP labschool. Dan prestasi beliau ada banyak sekali, seperti penulis buku pelajaran, buku- buku inspiratif tentang pendidikan, semangat menulis dan Bloggers, bahkan jurnal tingkat internasional.

Beliau sering di undang sebagai narasumber dalam berbagai event, memenangkan lomba dalam bidang pendidikan & karya tulis, serta menjadi guru inspiratif, dan masih banyak lagi.

Dari segudang prestasi beliau, tentunya perjuangannya tidak mudah. Dan beliau selalu senang untuk berbagi serta memotivasi orang lain untuk sukses, terutama dalam hal menulis. Mantra yang selalu beliau dengungkan adalah, " Menulislah setiap hari, dan buktikan apa yang terjadi"

Dan ajaibnya mantra sakti Omjay, menulari para fansnya dalam menerbitkan buku solo. Sebut saja pak Dail sang moderator, dalam 1 tahun sudah punya 50 Buku. 

Ada juga Ibu mujiatun dari Lampung, beliau menerbitkan 6 buku dalam 1 tahun. Dan masih banyak lagi yang tertulari Omjay dalam menerbitkan buku. Dan saya berharap ikut tertular bisa menerbitkan buku best seller. Aamiin.

Dalam kesempatan berbincang melalui wa, Omjay menceritakan pengalaman beliau, ketika awal berkenalan dengan blog karena bertemu dengan blogger terkenal tahun 2007, yaitu seorang kepala sekolah SMK. 

Tahun 2008 sekolah Omjay kebakaran dan mulailah Omjay manfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Tulisan siswa di blognya menjelma menjadi buku, "Yuk kita ngeblog" dan mendapat juara pertama lomba buku pengayaan Depdikbud dengan hadiah Rp. 20.000.000, di tahun 2009. 

Buku Om Jay yang menang dengan hadiah 20 juta

Berkat buku, Omjay mendapat undangan ke istana negara untuk bertemu dengan Presiden Jokowi dan berbincang tentang banyak hal dengan orang nomor satu di Indonesia. MasyaAllah, sungguh menginspirasi sekali.

Om Jay di undang Presiden Jokowi di Istana Negara

Dalam penyampaian materi, Omjay banyak memberikan tips dan trik, pesan-pesan, motivasi yang sangat bermanfaat, diantaranya adalah:

*Rahasia bisa menulis setiap hari adalah membaca tulisan orang lain.*

*Kita harus memiliki konsisten & komitmen yang kuat serta minat yang tinggi untuk menulis setiap hari.

*Lawan kemalasan, kita harus menjadi panglima untuk diri kita sendiri*

*Biasakan membaca buku, karena lahap membaca akan menjadi gemuk menulis*

*Kelezatan sebuah tulisan bisa terasa jika ditulis dengan hati, dan hal tersebut bisa dilatih dengan menulis setiap hari*

*Rabun membaca, lumpuh menulis. Jika ingin tulisan nya sehat tidak lumpuh, maka harus sering membaca*

*Menulislah dengan hatimu maka engkau akan bertemu dengan pembaca setiamu*

*Menulis itu akan mudah kalau langsung dilihat dan dialami serta didengarkan secara langsung. Makanya kisah nyata lebih disukai banyak orang daripada kisah fantasi*

*Menulis setiap hari itu harus ikhlas. Hanya memberi tak harap kembali. Bagi ilmu setiap hari dan bagi pengalaman kepada semua orang. Hasilnya, banyak orang mendoakan dan Allah yang memberikan keajaiban.*

Pesan om Jay yang sangat mengena diriku adalah:

*Kelemahan penulis pemula adalah malas baca sehingga tulisannya terasa garing, dan akan Makin gurih jika banyak baca.*

Dan di akhir dari materi, Omjay menegaskan lagi: "Menulislah setiap hari. Tulis apa yang kita sukai dan kuasai di blog."

Terimakasih Om Jay sang guru menulis yang inspiratif dan pak Dail selaku moderator. Mudah-mudahan saya segera tertular untuk menerbitkan buku best seller yang bermanfaat sebanyak mungkin. Aamiin 


4 comments:

  1. Judul yang tepat sirkuit lomba menulis. Ha ha ha... Semangat ya, sukses selalu. Salam Literasi

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak ibu, sukses selalu untuk anda

    ReplyDelete
  3. luar biasa dan aktual sekali mantap lbun jamgan lupa mampir ke blog ku ya

    ReplyDelete